Oleh: apit | Mei 20, 2008

Orangtua Harus Pahami Kecerdasan Anak

Selasa, 20 Mei 2008 | 17:08 WIB

LAMONGAN, SELASA – Realisasi pendidikan sangat penting membentuk sikap mental dan kecerdasan anak. Penting pula bagi orangtua mengetahui dan memahami potensi dan kecerdasan anak sejak dini sehingga dapat mengarahkannya secara tepat karena anak merupakan ti tipan Tuhan dan generasi penerus bangsa. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kewanitaan Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Lamongan, Amin Umamah pada seminar Parenting Skill yang bertujuan memberikan alternatif pendidikan anak secara Islami Mingg u (20/5) di Lamongan.

Dengan memberikan informasi cara mendidik anak secara baik serta berakhlak kegiatan ini dimaksudkan mendorong potensi orangtua membentuk generasi berkualitas. “Ini juga untuk membekali orangtua dengan kepekaan terhadap potensi yang dimiliki anak-anaknya,” katanya

Menurut Ketua Bidang Pendidikan DPD PKS Lamongan, Ridwan, orangtua perlu mengenali potensi anak. Anak-anak memiliki potensi majemuk seperti potensi linguistik, potensi logika matematika, visual spasial, musikal, bodi kinestetik, interpersonal, intraperson al, dan potensi natural.

Potensi linguistik dapat dilihat apabila anak-anak memiliki ciri-ciri cenderung bekerja dan berpikir teratur, bertindak sistematis, dan memiliki daya ingat tajam. Potensi logika matematika terlihat apabila anak suka berpikir abstrak dan deduktif. Potensi visual spasial terlihat apabila anak lebih suka berpikir dengan ilustrasi dan gambar, memadukan seni dengan pelajaran lain.

Potensi musikal terlihat apabila anak sensitif terhadap nada dan irama. Potensi bodi kinestetik pada anak terlihat dengan ciri-ciri daya kontrol tubuh sangat menonjol, suka mengutak-atik sesuatu. Sedangkan ciri anak memiliki potensi interpersonal bila memiliki kemampuan negosiasi tinggi, mahir berinteraksi dengan orang lain.

“Adapun potensi intra personal terlihat apabila anak memiliki kesadaran terhadap diri, lebih suka menghindari konflik, sedang potensi natural dapat terlihat apabila anak menyukai kegiatan di alam, dan mempersepsi keindahan spontan,” kata Ridwan.

Ketua Bidang Kesejahteraan DPD PKS Lamongan Hasyim menambahkan kecerdasan dapat dikembangkan sampai pada tingkat penguasaan memadai. “Kecerdasan-kecerdasan tersebut umumnya bekerja bersama dengan cara yang kompleks,” katanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: