Oleh: apit | Mei 18, 2008

Pianis RI Menangi Kompetisi Jazz di AS

San Fransisco, 17 Mei 2008 12:32
Pianis muda Nial Djuliarso meraih juara pertama kompetisi jazz internasional di San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Nial bersama Bruce Harris (terompet), Yasushi Nakamura (bass) dan Carmen Intorre (drum) yang tergabung dalam Nial Djuliarso Quartet mengalahkan band asal New York, Meaningtone, Kamis (15/5) malam.

Nial dan kelompoknya berhasil mencuri perhatian melalui tiga lagu yang mereka usung, yaitu Our Delight ciptaan Tadd Dameron, Locomotion oleh John Coltrane, dan satu komposisi asli yang diciptakan Nial.

Final kompetisi itu digelar di Yoshi`s, suatu klub jazz terkemuka di San Fransisco.

Kombinasi pemilihan lagu, tempo, keahlian setiap pemain, komunikasi serta nuansa yang dibangun di setiap lagu oleh Nial Djuliarso Quartet membuat ratusan penonton berteriak kegirangan setiap nomor selesai dimainkan.

Konsul Jenderal RI di San Fransisco, Yudhistiranto Sungadi, tampak di antara penonton.

Usai kuartet Nial menyelesaikan nomor terakhir, para penonton memberikan `standing ovation` (memberikan aplaus sambil berdiri) diiringi tepukan panjang dan teriakan-teriakan bernada kagum.

Sambutan sejenis tidak diberikan penonton kepada Meaningtone, kelompok yang tampil sebelum Nial dan kawan-kawan.

Penilaian penonton terhadap kuartet Nial ternyata sama dengan penilaian dewan juri. Nial Djuliarso Quartet memenangi `Generations International Competition for Emerging Combos`, kompetisi yang digelar oleh International Center for the Arts (ICA) – San Francisco University.

Para juri adalah musisi-musisi senior yang membentuk kelompok jazz `Generations`, yang terdiri dari Eric Alexander (tenor-saksofon), Marcus Belgrave (terompet), Ronnie Mathews (piano), Jimmy Cobb (drums), Ray Drummond (bass) dan Andrew Speight (alto-saksofon).

Masing-masing anggota kelompok itu mendapat 7.500 dolar AS serta beasiswa di San Fransisco University untuk mendapatkan pelatihan dari para musisi-musisi mentor yang tergabung dalam `Generations.

Sebagai penutup acara, malam penentuan pemenang “The First Annual Generations Jazz Competition” kemudian diikuti dengan `jam session` antara para musisi peserta final dengan para mentor mereka.

Sebelum berlaga dalam final, para personil kedua kelompok itu dikarantina selama beberapa hari di San Fransisco untuk mendapatkan mentoring oleh para anggota The Generations.

Nial Djuliarso Quartet dan Meaningtone adalah dua kelompok yang dipilih dewan juri untuk tampil pada kompetisi yang bertajuk The Battles of Combos tersebut.

Secara total, ICA sendiri menyebarkan undangan kompetisi internasional `The Generations” kepada lebih dari 250 program jam di universitas-universitas seluruh dunia.

Para kelompok jazz yang mendaftar ditetapkan terdiri dari empat hingga tujuh musisi tingkat sarjana dan usia mereka masing-masing personil tidak lebih dari 30 tahun.

Nial merupakan salah seorang pianis yang telah tampil di berbagai festival jazz internasional, termasuk the North Sea Jazz Festival, Montreux Jazz Festival, Sarasota Jazz festival, Java Jazz, dan Jak Jazz Festival, serta tampil di tempat-tempat prestisius antara lain Carnegie Hall-New York, Kennedy Center di Washington DC telah memenangi sejumlah kompetisi jazz di berbagai ajang internasional.

Nial tercatat juga pernah tampil sebagai juara pertama kompetisi piano Horace Silver di AS tahun 2003 –yang memberinya hadiah 10.000 dolar AS; juara pertama kategori instrumental dan juara ketiga untuk `overall` pada lomba cipta lagu US Songwriting Competition tahun 2005 di AS; serta sebagai juara ketiga kompetisi solo piano Montreux Jazz Festival di Swiss dan kompetisi piano solo di Moskow, Rusia. [EL, Ant]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: