Oleh: apit | September 18, 2007

Tragedi G30S/PKI [Versi Ratnasari Dewi Soekarno]

RATNASARI Dewi Soekarno memperlihatkan dokumen yang dikirim ke Amerika Serikat dalam jumpa persnya di Jakarta, kemarin. Dokumen tersebut menyebutkan tentang adanya percobaan kudeta terhadap Presiden pertama RI Soekarno.* (DUDI SUGANDI/”PR”)

MISTERI Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) kini mulai terungkap. Ini setidaknya menurut versi Ratna Sari Dewi, istri almarhum Presiden Soekarno, yang menyingkapkannya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/10). Dengan tutur bahasa Indonesia yang kurang lancar, Dewi memaparkan secara runtut kejadian sekitar tragedi berdarah yang membenamkan bangsa Indonesia dalam kepedihan berkepanjangan itu. “G30S/PKI bukanlah suatu kup atau kudeta. Kudeta terjadi justru tanggal 11 Maret dengan Surat Perintah 11 Maret yang menghebohkan itu,” kata Dewi dalam konferensi pers di kediamannya yang asri di Jl. Widya Chandra IX No. 10. Jumpa pers ini dihadiri ratusan wartawan dari dalam dan luar negeri. Maka meluncurlah cerita dari bibir mungil wanita yang masih cantik di usianya yang mendekati kepala enam ini. Dengan sangat ekspresif, ia bahkan memperagakan saat-saat akhir Bung Karno (BK) ketika dibawa dari Wisma Yaso ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD). “Sebelum 30 September, Bapak (Bung Karno-BK, red) memanggil Jenderal A. Yani untuk menanyakan tentang adanya Dewan Jenderal yang hendak melakukan kudeta dan membunuhnya,” kata Dewi mengutip ucapan suaminya. Saat itu, Pak Yani menyatakan bahwa dirinya sudah tahu tentang hal itu, dan nama-nama para jenderal itu sudah ada di tangannya. “Jadi Bapak tidak usah khawatir,” kata A. Yani. Saat itu, sebetulnya tidak ada yang memberitahu anggota pasukan Tjakrabirawa, pasukan pengawal presiden, tentang rencana makar terhadap panglima revolusi ini. Entah mengapa, pentolan Tjakra seperti Letkol Untung, Kolonel Latief dan Supardjo mengetahuinya. “Mungkin ada yang memberi tahu mereka,” ucap Dewi mengutarakan prediksinya. Sebagai perwira muda yang sangat loyal kepada BK, didorong kekhawatiran akan keselamatan BK, pasukan Tjakra ini bertanya-tanya apa yang harus dilakukannya. Sebab kalau lapor kepada atasannya, diperlukan bukti-bukti padahal mereka hanya punya waktu sekitar empat hari lagi, karena kudeta akan dilakukan tanggal 5 Oktober 1965 saat ulang tahun ABRI. “Lebih baik kami interogasi saja jenderal-jenderal itu,” kata Dewi tentang niat para perwira muda di kesatuan Tjakra ini. Hal ini sebenarnya tidak direncanakan dengan baik, karena para perwira muda ini didorong oleh suasana emosi dan darah mudanya yang memang panas. Guna menghindari kemungkinan yang lebih buruk, Kol. Latief menemui Pak Harto di RSPAD dan membicarakan tentang rencana dewan jenderal. Juga diungkapkan kekhawatirannya terhadap keselamatan BK dan anggotanya serta rencana menginterogasi anggota dewan jenderal. “Kalau ada apa-apa, Pak Harto bisa mem-back up,” kata Dewi. Namun permintaan itu ditanggapi dingin oleh Pak Harto yang saat itu menjabat Pangkostrad. Sebetulnya, kalau mau Pak Harto bisa mencegah kejadian ini. Namun karena tidak hirau, Pak Harto membiarkan pasukan Tjakra bertindak. “Tjakra bermaksud menyelamatkan BK. Masudnya baik tapi caranya kasar. Saya bisa mengerti karena darah mudanya,” tutur Dewi. Untuk menginterogasi para jenderal itu, Letkol Untung tak mungkin menyuruh prajurit muda dengan pangkat rendah. Mereka ini hanya bertugas menjemput para jenderal untuk diinterogasi. “Para prajurit ini tak mungkin berani memanggil Pak Yani yang jenderal untuk menghadap. Karena itu, mereka meminta para jenderal untuk menghadap BK dan tidak ada sama sekali rencana untuk membunuh mereka,” jelas Dewi yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia lewat buku yang menampilkan seluruh tubuhnya, Madame D’syuga. Namun karena mereka masih muda, kerap kali keluar kata kasar yang tidak layak ditujukan kepada jenderal sehingga mereka marah. Contohnya Jenderal Yani yang menampar seorang prajurit dan akhirnya ditembak di tempat, sebagaimana terungkap dalam film G30S/PKI arahan Arifin C. Noer. “Jadi gerakan itu bukanlah orang PKI melainkan orang-orang militer. Ini merupakan insiden yang sangat bodoh, idiot, cruel dan harus dicela,” kata mantan geisha di Jepang ini. Menurut Dewi, usai gerakan ini Soeharto langsung menyatakan bahwa pelakunya adalah PKI. Itu diutarakan lewat RRI sehingga membentuk opini masyarakat tentang jahatnya PKI. Saat HUT TNI, Soeharto telah berhasil menguasai TNI. “Mengapa rencana kudeta itu tanggal 5 Oktober? Karena saat itu semua maklum bila tentara keluar barak menuju istana untuk memperlihatkan keterampilannya di hadapan presiden. Saat itu ada show of tank. Ini persis dilakuan CIA ketika menjatuhkan Presiden Mesir Anwar Sadat yang meninggal saat defile angkatan perangnya,” kata Dewi yang saat konferensi pers mengenakan batik tulis ‘lusuh’ warna cokelat muda ini.

**

TENTANG jatuhnya BK, Dewi sangat yakin bahwa BK Jatuh atas keterlibatan CIA. Untuk memperkuat pernyataannya itu, Dewi memperlihatkan 10 fotokopi dari tiga surat penting yang disebutnya sebagai bukti otentik keterlibatan CIA dan AS.

Bukti pertama adalah dokumen tentang pertemuan salah seorang jenderal dengan dubes AS waktu itu untuk membicarakan kudeta tanggal 5 Oktober 1965.

Dokumen kedua adalah dokumen Gillchrist, orang kedua di Kedubes AS yang menyebutkan tentang rencana Marshal Green menjadi Dubes AS di Indonesia. Orang terakhir ini adalah pakar kudeta CIA yang terlibat dalam kudeta di Korea dan Hongkong. Saat itu sebetulnya BK sudah diingatkan tentang kemungkinan adanya rencana CIA di Indonesia sehubungan dengan kedatangan Green ini. “Tapi kalau saya tolak, berarti saya takut pada AS,” kata BK, seperti dikutip Dewi, tentang alasannya menerima Green.

Dokumen terakhir adalah surat dari BK untuk Dewi yang menyatakan penderitaannya karena tidak boleh dijenguk anak dan istrinya. Juga tentang kondisi terakhir BK.
“Saat saya datang, kondisi Bapak sangat mengenaskan. Keesokan harinya Bapak meninggal. Ketika saya konfirmasikan kepada dokter di AS dan Prancis, ternyata terungkap bahwa ada indikasi Bapak dibunuh dengan cara diberi obat over dosis,” katanya .(Refa/”PR”)***

 

 

About these ads

Responses

  1. coba dijelaskan atau diperlihatkan bukti2 yg lebih kuat, karena sampai sekarang peristiwa ini masih sangat rancu karena tidak adanya bukti2 yg kuat.
    terima kasih.

  2. Adakah bukti nyata bahwa Kolonel Untung bekerjasama dengan suharto untuk membunuh para jendral

  3. Bukti bukti sangat diperlukan bro, apalagi menyangkut keutuhan bangsa dan negara dan kejadian itu telah memakan korban jutaan rakyat Indonesia…Thanx

  4. PKI tetap tidak bisa diterima, sementara bung Karno memang pribadi yang luar biasa. Tetapi, tidak selamanya bung Karno benar, karena dia bukan tuhan.

    • mungkin bung karno bukan dewa yang selalu benar….
      tapi soeharto juga bukan TUHAN yang bisa seenaknya saja
      membunuhin rakyatnya sendiri atas nama bangsa Indonesia

      • Betul sekali Bro…

    • Yang penting saat ini kita semua sudah tahu bahwa beliau “Soekarno” adalah satu2nya Presiden Indonesia yang berkarakter dan belum ada tandingannya hingga saat ini….
      Kita sebagai Pemuda Bangsa patut menjadikannya tauladan yang baik untuk menjadikan Indonesia menjadi Bangsa yang benar2 Besar, bukan hanya Omongan saja, apalagi hanya sekedar wacana tanpa tindakan….

    • setuju, bung karno memang hebat tapi agak terlalu emosional. soeharto kekejaman yang difasilitasi amerika. ideologi komunis tidak dapat diterima bagaimanapun religiusnya org rusia dgn kristen ortodoknya. satu-satunya cara adalah pemimpin yang sportif dan legowo menerima saran dan kritik dari rakyat ketika ia melakukan kesalahan

  5. Bener juga lo Jing, btw salam buat pak Harto ya, bilangin jangan sakit mulu donk kalo mau disidang, ok?

  6. mohon diungkap tentang sejarah2 bung karno

    terima kasih

  7. Bukti apaan yang bisa dikeluarkan lagi? Supersemar asli aja sampai sekarang juga gak ada kan? Bukti yang bisa didapat ya asumsi dari orang-orang yang memberi kesaksian simpang siur kayak Ibu Dewi ini. Jenderal Nasution aja bungkam sampai ajal menjemput. Kompas juga paling cuma bisa memberitakan komentar/asumsi orang-orang terkenal macam Ibu Dewi kan? Kompas bisa kasih bukti apa?

    • bukti2 sudah hilang (atau sengaja ‘dihilangkan’) demi menutupi sepak terjang para dalang dibalik kejadian ini selama puluhan tahun. yg ada bocoran dokumen di beberapa negara pelaku kejahatan atas indonesia, negara2 korban kejahatan ‘polisi dunia’ yg menggunakan teknik dan modus yg sama untuk menggulingkan pemimpin negara yg bergandengan dengan musuhnya. pada saat itu bung karno tidak sembarangan menggaet pki, ia berencana untuk memanfaatkan massa pki dlm konfrontasi dgn malaysia, kemudian ia akan membereskan masalah pki setelah ganyang malaysia selesai. tapi keburu dikudeta oleh pihak yg tidak sabar ingin menghabisinya

    • itu menurut kesaksian istri jendral ahmad yani lhooo

  8. Gile beneeeer, hari gini masih memperdebatkan sejarah PSPB. Kaya ngga ada kerjaan aja. Jangan tanggung-tanggung…ah skalian aja ungkap mesteri kematian Hitler dan Firaun.
    Sampai kapan pun tidak akan terselesaikan tuh. Mendingan bikin dua kubu aja. Yang satu pro PKI yang satu lagi Anti PKI atau yang satu pro Suharto yang satu lagi anti Suharto. Terus ngadain acara apa gitu..kek. yang bisa menjalin persatuan dan kesatuan, maju terus pantang mundur … jangan maju perut pantat mundur

    • setuju mas jurig

    • selama puluhan tahun sejarah indonesia direkayasa hanya pada era yg ‘hilang’ itu. rakyat dibuat bungkam, yg angkat bicara langsung ‘dihilangkan’, jadi saya pikir wajar saja jaman sekarang begitu membludak keinginan untuk membongkar sejarah. terlalu lama rakyat dibungkam, dibodohi, ditakut-takuti.
      jika tak diperdebatkan, sejarah versi mana yang harus dicetak di buku sejarah? apakah anak2 penerus bangsa ini harus pula tidak mengetahui pertengahan sejarah negara ini? apakah mereka hanya boleh tahu era kerajaan, era penjajahan, era modern sedangkan era revolusi harus diloncati?
      saya pikir buat saja sekalian dua kubu nasionalis dan anti-nasionalis. indonesia butuh pelurusan sejarah

  9. bagaimana mungkin semua itu terbukti dg gamblang kalau para penguasanya masih banyak yg terkait (berhutang budi)dg suharto,menurut saya semua yg terjadi saat ini adalah warisan orde baru jd suharto harus ttp bertanggung jawab tp sayangnya dia sudah modar,jd kalau orde sekarang ingin lepas secara nyata dari cengkeraman orde maka lakukanlah apa yg pernah suharto lakukan terhadap orde lama.HANCUR NEGERIKU TERKUTUK PENGUASAKU….

  10. baru baca kesaksian soebandrio, keren tuh… sapa tau bisa jadi masukan…

    • Soebandrio bukan hanya saja MASUKAN buat saya mbak..Tapi dialah pelurus Sejarah yang dibengkokkann..Salam kenal aja ya mbakk

      DEni’s

    • saya juga sudah baca :)
      mengerikan sekali faktanya

  11. tolong dunk, di putar kembali
    film”PENGHIANATAN G30 S/PKI”
    biar masyarakat indonesia menyadari tentang perjuangan dan se4jarah dulu…………..makasi se X lagi tolong di putarkan lagi ya!!!!!!!!!!!! penting

  12. mohon tolong sekali lagi…………tlong d putarkan ya???? soalna tu film seru banget…..sekalinya pernah w SD klas 2……..jangan lupa di dengar yaaaaaaaaaa

  13. semua dokumennya palsu, dewi boong tuch… dia khan bukan orang indonesia, pki emang hrs dibasmi…

    • you idiot …ingat ga waktu kita susah bertahun tahun setelah orde baru ga ada rakyat biasa yang kaya dan berpendidikan tinggi,t yg hebat cuma yg punya jabatan…jadi itu dia orang yg komunis jangan munafik ya…

      • i would like to know…why MR Soekarno anti western??? is that true?and then kalau boleh tahu siapa aja semua anak anak Bapak yg ga terdaftar…salam Sumeh… kalau Istri istri lainnya yg ga terdaftar masih ada ga??? katanyaBapak Arsitek…berarti ada kaitannya dgn Kota Kudus karna disana terkenal dengan orang orang yg Pintar dan Ahli bangunan…Aku adalah berdarah Kudus…Mbah PutriKu tinggal n wafat disana n Mbah Kakung yg ga tau kemana hilang sejak IbuKu masih Bayi…kalau memang anti western kenapa BapakYg Terhormat Ahli Bahasa Asing??? kan udah faktanya ia kan…tolong disibak dimana dapat pendidikan Arsitek?????

      • Aku anak Piatu sejak empat tahun lalu dibulan Desember 22,Ibuku kelahiran Kota Kudus Tamatan Sekolah Guru,langsung nikah, jaman dahulu…sesudah Menikah merantau ke Jakarta sampai wafat ,sejak dia pergi kenapa kesamaan jiwa Bapak Soekarno ada diDiriku sampai sekarang…?

      • bung karno anti-western sejak indonesia dijajah western, belajar arsitek juga di ITB yg didirikan belanda. sah sah saja mencuri ilmu dari penjajah untuk melawan penjajah. kalo beliau tidak ahli dalam bahasa-bahasa penjajah apa bisa berunding? jika beliau tidak mengerti bahasa penjajah bisa jadi dia ditipu habis-habisan, lha wong ngerti saja masih bisa ditipu oleh kelicikan penjajah.

        beliau sangat vokal dan keras terhadap lawan ideologinya terutama amerika dan inggris. kebenciannya semakin menjadi ketika amerika menciptakan berbagai pemberontakan untuk mengobok-obok indonesia, mensuplai senjata kepada para pemberontak, juga mengirim ahli-ahli misalnya pilot pesawat tempur bayaran CIA untuk memata-matai indonesia dan membantu pemberontak.

    • ngomong pake mulut la..jgn pke lobang pntat..

    • bisa bilang palsu darimana buktinya? apa hanya karena dia bukan org indonesia asli?
      saya percaya versi dia dan pak soebandrio yang ternyata sama dengan dokumen CIA yg bocor, sama dengan dokumen yg muncul di negara2 korban polisi dunia yang mengalami modus operandi sang polisi dunia tersebut dalam penggulingan pemimpin yg ‘bergandengan’ dgn komunis/rusia/musuh sang polisi dunia.
      cek juga website2 para penulis negara barat yang berani mengungkap apa yg sebenarnya terjadi saat itu, karena para penulis lokal ‘dibungkam’

  14. kalo soal dalang,bisa siapa aja.G30s adalah gerakan perebutan kekuasaan antara AD, PKI dan Sukarno sendiri yang takut kekuasaannya direnggut.

  15. ada buku dari orang belanda bahwa sukarno tahu rencana penculikan jendral. Salah satu bukti,kenapa dia posisi sudah ada di bandara saat itu?kalo suharto mmg kup, itu kudeta yang direstui mayoritas rakyat yang gak suka sama PKI dan politik sukarno yg condong ke negara2 timur yg NB berhaluan komunis

  16. kt btuh bkti yg lbh kuat!!!!!!!!!!! ksian kn anak bangsa, yg g tau sejarah!!!!! tp malah nduh2 org!!!!

  17. kasihan … tuh guru SEJARAH … harus cerita kemurid-murid… pakai versi yang mana..??
    mendingan cerita saja…. SEJARAHNYA… lumpur lapindo SIDOARJO …. PASTI MENARIK … karena ada foto yang SADIS JUGA (sama tuh sadisnya..)….. RUMAH BISA DIRENDAM OLEH LUMPUR…. YA NGAK…??

  18. ass…………
    klw menurut Q,
    p’harto org yg baik dlm memrintah indonesia
    buktix sj indonesia aman saat dibawah naunganx…….
    walau sebagian besar orang mengatakan bahwa
    p’harto korupsi,,,,,,,
    tp,buktix sj sat p’harto meninggal
    byk org yg mengis

    • manusia memang ada baik-buruknya mbak. akan tetapi beliau melakukan pembantaian terhadap orang2 yang belum tentu anggota pki (hanya berdalih dan kebanyakan di-pki-kan), apakah pembunuhan massal dihalalkan? nangis tentu saja utk mereka yang tidak tahu sejarah beliau di masa lampau dan mereka yang tidak menjadi korban kebiadaban beliau. coba deh tanyakan perasaan ratusan ribu orang yg menjadi korban pembunuhan massalnya. tanyakan keluarganya, keturunannya, rekan2 pa harto sendiri yg dia hianati utk menutupi skenarionya? saya jg dulu melihat sisi baik dan terkejut membaca faktanya

    • sebagai tambahan mak yanthie,, kalo anda baca bku2 kesaksian para pelaku sejarah anda akan menemukan fakta pada serangan umum 1 maret 1949 pa harto mengaku2 dia yg mulai berinisiatif sampai pelaksanaannya lho. padahal faktanya dia cuma nongkrong di warung sate, dan pada saat anak buahnya yg memimpin pasukan melapor padanya, dia cuma memerintahkannya untuk melanjutkan serangan sementara pa harto lanjut makan lagi. gimanaaaa??

  19. DARI KECIL MPE AQ MAHASISWA INI LUM PERNAH NONTON FILM G30SPKI. TOLONG DI PUTR LAGI DNK. APA TAKUT KETAUAN BELANGNYA SUHARTO HGA FILM ITU SGAJA TIDAK PERNAH D PUTER LG DG ALASAN ADA TINDAK KEKERASAN N TETEK BENGEK LAINNYA….

  20. SEJARAH ITU PENTING BGT.DARI FILM G30SPKI AKAN MEMBANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME BANGSA.DIMANA KTA BISA MENGHARGAI JASA2 PARA PAHLAWAN YANG TELAH DI SIKSA N DIBUNUH OLEH DALANG PKI. MAKA PLIZZZZZZZ PUTR FILMNYA DNK…AKU PGN MENGENAL SOSOK PAHLAWAN YANG GUGUR AKIBAT PKI DAN AKU PGN MGENAL SOSOK BUNG KARNO..

  21. Hehehe… beneran… kejem bener sejarah penegakan negara ini…. kelam….
    kita nggak tau seberapa suci para jendral, kita nggak pernah tau seberapa suci soekarno, kita nggak tau seberapa buruk pki itu, kita nggak tau… seberapa cerdas soeharto itu, kita nggak tau agen2 mana aja yang turut campur kondisi indonesia yang memanas pada masa itu…
    jangan2 semua yang terlibat kasus G30 S punya kepentingan masing2, sehingga kondisi yang panas membuat semua yang terkait mengambil langkah sendiri2 dan menyebabkan alur cerita seperti ini? yang akhirnya sampai sekarang tidak ada satupun yang berani mengeluarkan kejujuran dari bibirnya, even alm. jendral besar nasution, kolonel latief, suharto, bahkan cia pun masih rapat menutup dokumen tentang genocide yang terjadi di indonesia.
    sepertinya juga, masak sih badan intelijen kita nggak tau? (nggak ada dokumen tentang kejadian itu, mengingat kejadian G30 S sarat dengan intrik)
    ato jangan2 memang sangat membahayakan keutuhan negri ini jika fakta2 sesungguhnya terungkap?
    Only God knows why…..
    mending bangun negara ini aja dengan baek… sudahlah… orang2 tua kita sudah cukup berusaha untuk membangun dan mempertahankan negri ini….

    best regards,
    xdea

  22. PKI tetep harus diberangus!!!!!!!!!!!
    hati2 laten komunis.mereka akan memutar balikkan fakta.bokap gw pernah cerita.dulu waktu masih kecil pernah diancam orang PKI.katanya nanti klo PKI menang bokap gw mo dibunuh,soalnya bokap gw anak tentara.Untunglah kebenaran selalu menang.yang namanya komunis udah pasti ga bener.karena mereka ga mengakui adanya agama.
    menurut info ada yang namanya siklus 17 tahunan.setiap 17 tahun dimulai dari tahun 1948.PKI akan melancarkan kerusuhan dan huru hara. 1948-1965-1982-1999-2016-….. saat pemilu president nanti hati-hati dengan calon independen.

  23. gw setuju film G30S/PKI harus diputar lagi. biar kita tau kekejaman PKI.menurut gw film itu ga ditayangin lagi bukan karena takut ketauan belangnya soeharto,justru jamannya soeharto film itu selalu ditayangin.dah gw bilang hati2 laten komunis.mereka berusaha memutar balikkan fakta seolah-olah mereka tidak bersalah dan hanyalah dijadikan kambing hitam.mungkin saja saat ini mereka membentuk gerakan bawah tanah yg ingin membangkitkan lagi paham komunis di indonesia.sudah banyak turunan komunis yang duduk dibangku DPR,bahkan menjadi ketua fraksi.ada indikasi mereka ingin menyusupi instansi penting pemerintah seperti DPR dll.jangan sampai nanti mereka berusaha menghapuskan aturan perundang-undangan no 25 mengenai komunis/PKI.sehingga mereka bisa leluasa mengembangkan sayapnya.dan mengaku terang-terangan bahwa mereka keturunan PKI.contohnya Ribka Ciptaning yang terang-terangan telah menulis sebuah buku “aku bangga jadi anak pki”,yg tidak lain adalah ketua salah satu fraksi di DPR dari partai PDIP.

  24. sO,,,,SwEEt cERiTaNyA

    qUw ska ceruta ttng tragedi G30SPKI

  25. tailah semua. udah kaya tuhan aja mengklaim yg mana yg benar dan yg salah. pernyataan sejarah memang ditulis oleh pemenang memang benar adanya sepertinya.

    • apanan ieu teh keur mengungkapkan dumasar kana pangakuan saksi-saksi kang. ari nu meunangna geus maot jadi saksi-saksina nembe warantun nyarios, da mun pa harto hirup keneh mah meureun tos dipaehan manten. na nu nyaksenanana teh seuseueurna neybatkeun yen aranjeuna janten korban kajahatan pa harto. kumaaahaa ateuh

  26. semu dah jls, sejarah adalah saksi taklucu memutarbalikan fakta,biar Tuhan yang mengadili mereka kita ga usah repot debat kusir takkaruan buang-buang energi, mending tundukkan kepala mengharap kasih sayangNya agar kita selamat dunia ahirat dan msk sorga………………..

  27. to bet_zhie
    yea right. how can the coup become ‘so sweet’?
    if you have no idea about the coup, then just shut up.
    dont bother to leave comments here. people wont think you’re cute. in fact, they’ll think that you are a dumbass. you are, btw

  28. Hah…Dskul kmren dputerin filmnya PKI tp 2versi.Yg satunya versi Belanda.Yg bner yg mana neh???

  29. Wihh jaman edan . ,
    Teu ken9eng su’udzon! Doraka bLih Lebet naraka . ,
    Keun w atu soeharto sreng soekarno mah sugan geLut d’aLam barzah’na . ,

  30. sejarah harus dibuktikan, jangan diputar baik.
    saksi-saksi telah meninggal dunia, seperti Amir Mahmud, M.Yusuf, Subandrio, Jenderal Soeharto.
    Jangan sampai ada dendam anak bangsa yang berkepanjangan. Sudah banyak jaringan anak-anak PKI yang masuk partai politik karena Reformasi. Jaman telah berubah, mari maju demi Merah Putih, Kembali kepada Mosi Integral, kembali menata negara dengan elegan, santun tanpa bunuh membunuh.

  31. G30S PKI hrus trus dungkap
    maju terus!!!!cayo!!!

  32. waduh,,,ngeri oih dgr prstiwa G30S/PKI!!!

    dgrx bxk yg tbnuh,,,di+lg bxk org yg tdk twu prztiwa itu dijdkn korbax!!!

    pokok nhe,,,kjdian nhe hrz tkgkp!!!!!!
    s’7?????

  33. jka gw hdup djaman G30S/PKI,,gw akan bunuh perusak bangsa indonesia.mari kita blajar dri kjadian ni mga tragedi G30S/PKI bsa terungkap

  34. ungkap tragedi G30S/PKI

  35. mending loe smua bca dlu sejarah bung karno baru bicara jelek baik nya… blum tw sejarah bner nya aj udah nyalain org.. pak harto emang berjasa bangun negri kita… tapi dampak buruk nya kita rasain sampe sekarang bung… jangan kebawa suasana n provokasi antek2 orde baru.. mereka cuma sekumpulan orang busuk yg merusak wibawa bangsa..

  36. jangan ketipu ma pengaruh orde baru yg busuk..

  37. semua gelaph bung!! apa yang musti dicatat dalam sejarah dan apa yang musti dipelajari disekolah utk mata pelajaran sejarah bener2 menbingungkan, mending mulai sekarang kita masing2 mulai menata diri terutama kepada mereka yang duduk diatas sana, yang nama2nya pasti tercatat dalam bingkai sejarah, mulailah menapak dijalan yang lurus dan benar demi menoreh sejarah yang pantas dibaca oleh generasi mendatang, jangan hanya sejarah yang membuat malu…kasihan anak cucu kita…

  38. tolong PuteRin Lagi iaa fiLm G30SPKI…wakTu itu ntnya masih SD…laGi cupu bLm ngerti,,,puterin lagi iaa biar anak sekarang tau gmana kejadian G#)SPKi…jangan dari mulut ke mulut doank puterin aja sekalian…

  39. kl bokap gw Bung karno””’kecian banget bokap gw, cape2 naekin martabat bangsa tetep aja banyak musuhnye,kl gw Dewi soekarno,gw cuma tau gandeng tangan bpk,urusan politik apa kt laki gw dah,kl bokap gw Soeharto,peduli setan ama sejarah,bokap udah mangkat ini,,gw tinggal ngejalanin idup,,kalo ada yg ngehargain ok,ga yo wis,,,untungnye gw bukan siapa2 he he,soal sejarah pki dll,,,gimana anak cucu kita aja dah,yg penting ajarin moral,etika,mental serta giezi yg baik,,supaya ga kayak kite atoupun org2 yg menghancurkan bangsa ini,,,,maju teruus anak bangsa!!!! msh banyak dibelahan dunia ini tempatmu berbakti dan berpijak,kalou disini udah sempit,jgnkan yg lain,,sejarah pun tak tau rimbanya,,,,,,,hiiiiiii sereeeem

  40. aman pala looooo yg ada negara ne jd miskind, garaa garrra utang utang cang atto

  41. pak KARNO is the best. . . . bwad cang atto, smogga dammaii ajjah dech di tempat barunya. . . SLAMAT MENEMPUH HIDUP BARU DECH ATTO. . . . pak karno, slallu untuk bangsa.. pak karno masih hidup, seblum bangsa ni sejahtera, dia gak kan ninggalin INDONESIAKU. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

  42. sankyu tasss info…nyaaaa

  43. hanya manusia yg bermatahati besar utk mengetahui kebenaran bungkarno

  44. adjiiiiiiieeeeb. . . . . . . mantabh bgt cieee..
    .aq ampe t’haru baca na,,

  45. Bukan suatu hal yang lumrah jika saat ni harus terus membenci PKI karna dalam buku yang ditulis oleh Soebandrio bahwa selam ini PKI hanya sebagai kambing hitam kebiadaban Rezim Orde baru..Dalam konteks ini Kita harus Berfikir Ulang Bahwa notabebene Bahwa PKI adalah Pembunuh dan juga pemberontak harus di hapuskan dari setiap benak warga indonesia..

  46. Suatu kebenaran yang telah lama terpendam dalam suatu wadah kekuasaan Yang disebut”ORDE BARU”kini milai terungkap….
    Rasa terima kasih kami(Bangsa indonesia) kpd Dr soebandrio yang telah menjadi satu-satunya orang yang dianggap telah meluruskan sejarah kelam yang telah terbengkokkan oleh kekuatan militer rezim orde Baroe..

  47. akan ada titik terang dengan keberanian moral pelaku sejarah, jika tidak ada…kita lanjutkan langkah ke depan dengan membawa pelajaran bernegara, jangan sampai terulang lagi…,

  48. Fuck Pak Harto

    • bukti2 itu telah mati karna dihapuskan selama rejim soeharto, dan bukti kuat keterlibatan CIA (plot CIA) hanya ada di Pentagon yg mungkin sekrg pun sudah terhapus, dan satu lagi bukti kuat dibawa mati oleh soeharto..
      tapi gini aja, coba cek sehari setelah G30 sPKI, saham emas( ato freeport dll) di wall street kita turun drastis lalu dijual oleh pihak2 yg menggambil kesempatan dalam kudeta soekarno , nah syapa yg belinya? org2nya masi ada ko sampe skrg
      sebetulnya mau nyalahin soeharto juga susah, dia yg dikirim ke US untuk menjalani latihan bersama CIA, dan di brainwash untuk menjadi motor kudeta bersama cukong2 di indonesia lainnya..
      yang saya bingung kenapa ngga kita ambil lagi freeport, itu kan milik negara, seengganya ya jangan punya pihak asing donk

  49. LO DI BACA2 LUMAYAN KREN JUGA JADI TERTARIK

    • polos Banget nih orang, sesuatu yang bersifat kepentingan apalagi politik, pasti yan dikorbankan,… dan kita jadi korban sejarah, ..Ok. !

  50. LO PINGIN KNAL MA Q FRIENDSTERAN JA NI ALAMATNYA drik_caem@yahoo.com

  51. wah wah wah….. ngenahas G30S/PKI emang ga akan abis2…. sampe ada orang yang tau faktanya dan cukup berani buat ngasih tau ke kita2 ini…

    mungkin bangsa ini bakal bener2 lepas dr kebodohan kalo kita smua ud tau fakta sejarah kita ndiri.. soalnya kalo nggak, gimana caranya negara ini maju? orang sejarahnya bangsanya sendiri aja nggak jelas…

  52. haduuh ..
    jadi bingung saya ..
    slama ini yang guru sejarah dskolah jelasiin .
    ttg pki yang emang katanya bner” kejam .
    dan yang bikin saya yaqiin kalo pki itu kejam criita”/kisah” yang saya baca d museum pancasila /lubang buaya ..dstu d udah jelas bgt gambaran” ttg betapa kejam nya gerakan pki pada massa itu !!!

    wahh .emg perlu d tayangn lagii ni flim nya !!!

  53. saya salut atas pengakuan berani diatas, sejarah tidak boleh ditutup2 pi , harus ad yg berani membuka kebenaran, bgi komentar lain jgn sok2 nuduh pengakuan diatas dg pikiran negatif n komentar miring, ibu dewi n pak Soebandrio juga pelaku sejarah..hormati pengakuannya siapa tahu itu jg mendekati kebenaran yg slama ini tak terungkap, anda yg berkomentar miring jaga ucapan seakan akan anda tahu semua sejarah kemerdekaan,,,1 hal lagi jangan pernah mencela jasa2 bung karno, anda yg berkomentar miring tdk tau ap2 tentang perjuangannya, anda hanya tau bisa makan, hidup enak, sekolah, dizaman baru ini, saya kagum dg Bung karno, sya jg menghormati pak harto,,siapa yg bener n siapa yg salah hanya yg diataslah yg tahu n para pelaku sejaralah yg mengalaminya,,,jdi utk para para komentar yg mengomentari para pejung n pelaku sejarah, bercerminlah anda ap yg telah anda bisa lakukan untuk negara sampai saat ini, ap yg anda bisa perjuangkan utk negara yg telah terbentuk ini,,,bagi para komentar lain yg berpikiran positif, komentar anda bener2 hebat mnanggapinya, layak diacungi jempol, karena anda2 lah negara ini masih kuat berdiri n trus maju..masa lalu tdak mungkin akan kmbli, tpi coba qt renungi perjuangan para pahlawan yg gugur demi negara qt, mudah2n jiwa2 mereka melekat pada qt .trims

  54. Mmmhh .
    penasaran ma cerita G30S PKI . emang film.ny kaya gmana ??
    aku pnah k lubang buaya di sana aku liat ada baju2 jendral penuh darah dll, aku gak pernah tau gimana cerita ttg kejadian ini soalnya gak pernah ada cerita dari guru . katanya ini masih belum jelas siapa yg menjadi dalangnya . kalo emang ada filmnya pengen nonton dong aku sekali ajah . coz aku penasaran banget isi ceritanya . aku anak bangsa yang butuh cerita atto sejarah negara ini .
    mungkin darisitu aku bisa jadi warga indonesia yang baik . sekarang aku masih pelajar baru lulus smp . mungkin aku dan anak2 seumurku adalah generasi penerus bangsa yg kelak akan mengatur negara ini dengan baik .

    • Anda tau gak kenapa sekarang FIlm G30 S PKI tidak diputar lagi? ya karena itu film yang menggunakan sejarah palsu, menyudutkan PKI, menguntungkan Soe***TO

  55. untuk mengungkap suatu kebenaran di butuhkan suatu bukti yang kongkret

  56. sejarah mengukir s’mua kmajuan bagi bangsa indunisia,swalam hormat,kal-sel

  57. m’nurut saya,sesutau memerlukan p’ngorbanan,jiwa,harta,pikiran

  58. Menurut aku, ber nara sumber cerita dari babeku yang orang nya jujur dan peduli sosial nya tinggi dan pernah menyelamatkan tetangga nya yang PKI dari gorokan pedang Ansor ,beliau berkata bahwa gerakan PKI memang sangat ber bahaya pada waktu itu ! singkat cerita akan mengambil jalan kekerasan untuk mensukseskan cita2 nya ! terutama di daerah kediri penghinaan PKI terhadap pemeluk agama islam sudah sangat menyakit kan ! menggelar pentas Ludruk masak judulnya “gusti Allah jadi pengantin ? “, dan sering ngumbar ngomong agama adalah sumber kemunduran negara ? inilah kesalahan besar PKI mengusik titik2 rawan kepercayaan Suci umat Islam ! ngomong partai ngomong lah tapi kalau agama di usik sang Pencipta agama itulah yang tidak terima nama nya ALLAH SWT ! ya hancuurrr kaum Atheis ! masak tidak pernah dengar cerita kisah para RASuL ? OOHHH DASAR atheis BENER KALAU KAGAK DENGER ?

    • Kita wajib berterima kasih kepada PKI, karena PKI adalah Pejuang yang ingin menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa indonesia. Pada November 1926 PKI memimpin pemberontakan melawan pemerintahan kolonial Belanda di Jawa Barat dan Sumatra Barat. PKI mengumumkan terbentuknya sebuah republik (itu 15 tahun sebelum bangsa kita merdeka). Pemberontakan ini dihancurkan dengan brutal oleh penguasa kolonial. Ribuan orang PKI dibunuh dan sekitar 13.000 orang ditahan oleh Kompeni. Sejumlah 1.308 orang, umumnya kader-kader partai, dikirim ke Boven Digul, sebuah kamp tahanan di Papua. Beberapa orang meninggal di dalam tahanan. Banyak aktivis politik non-komunis yang juga menjadi sasaran pemerintahan kolonial, dengan alasan menindas pemberontakan kaum komunis yang melawan kolonial belanda. Pada 1927 PKI dinyatakan terlarang oleh pemerintahan Belanda. Karena itu, PKI kemudian bergerak di bawah tanah.

    • STOP MENGATAKAN BAHWA KOMUNIS=ATHEIS…!!!

      JIKA ANDA TERUS MENGATAKAN HAL TERSEBUT BERARTI ANDA MASIH MALAS BELAJAR..

      komunisme adalah sub-ideologi politik yang didefinisikan dgn ringan sebagai suatu paham pemerataan stratifikasi sosial dan kepemilikan finansial kaum buruh dan tani (proletar) dengan kaum pengusaha (borjuis) lewat pendekatan ekonomi kesejahteraan dan perjuangan rakyat kecil, sehingga tercipta sebuah persamaan dan kesetaraan hak dan kewajiban…. gerakan komunisme muncul sebagai koreksi atas ideologi liberalisme yang dianut Eropa…. akar ideologi ini dari sosialisme…

      SEKALI LAGI… KOMUNIS TETAP KOMUNIS, BUKAN ATHEIS

      Komunis = Atheis ??? (Pembunuhan Ideologi Oleh Tirani Orde Baru)

      • bapak yang satu ini bener, kita semua satu bangsa, yang lalu biarlah menjadi pelajaran yg sangat mahal harganya, kita tidak perlu meluruskan hal 2 yg tidak dimengerti orang lain, karena kita semua adalh produk dari sejarah Indonesia yang KELAM,

  59. Alloh maha tau apa yg sebenarnya terjadi

  60. ini lonte jepang bekas geisha(cabo)dari perkawinannya saja sudah kelihatan mata duitan dan banyak gondol uang negara diangkut ke paris.koq ngocehnya baru sekarang?waktu diparis hamburkan uang negara dan ganjennya engga ketulungan.ini isteri soekarno yang nomor 5 yang dipungut dari tempat geisha di tokyo.

  61. memang susah menaggapai issue ini, sampai sekarang di jelas alurnya

  62. Pemerintah harus tegas dan berani berkata benar.
    Luruskan dan koreksi sejarah kalau tidak benar.
    membodohi sejarah berarti menipu bangsa. berapa banyak orang yang telah menjadi korban G30S. pernahkah terlintas dalam benakmu kalau anda dan keluarga anda jadi korban sebuah aksi politik?

  63. PeRlu kejelasan dari semua peristiwa ini
    Kami paRa peneRus merasa kebinggungan dalam menanggapi hal ini, karena kami belum mengetahui mana fakta dan mana bukan fakta !!

    • jika sobat ingin tau secara pasti sejarah mengenai PKI, tanyalah kepada mbah2 sekitar sobat yang pernah hidup di zaman PKI, jika sobat berani bertanya, pasti banyak ilmu yang sobat dapatkan. saya sendiri sangat sedih jika ada mbah2 yang meninggal diskitar kampungku, saya sangat menyesal karena tidak sempat menimba informasi sejarah yang pernah ia alami semasa hidupnya.

      Gini sobat,
      Suatu waktu saya pergi ke samarinda kerumah dosen saya, disana saya bertemu sama seorang nenek (ibunya pak dosen). sang nenek menceritakan pengalamannya di era PKI. saat itu usianya 17 tahun, dia melihat seorang kiyai dan para guru serta murid2 pesantren di daerah sidoarjo di bunuh massal oleh militer karena mereka menganut PKI, PKI itu bukan Aliran, PKI hanyalah Partai biasa, kita aja yang belum tau. kita aja yang berlebih-lebihan membencinya karena kita sudah terlebih dahulu diracuni oleh pemerintah orde baru, mereka meracuni kebencian kita ketika disekolah, pemerintah membuat sejarah palsu yang menyudutkan PKI, pemerintah memprogandakan kepada para masyarakat bahwa PKI adalah Partai Anti Tuhan/ Aliran sesat, ya wajar aja masyarakat percaya karna pada saat itu rakyat masih kampungan (baca: tidak tau baca tulis). atas pembohongan sejarah oleh pemerintah kepada masyarakat itulah para orang tua kita yang sudah teracuni sejarah itu menceritakan pula kepada anak2nya, jadi tidak heran kalo kita benci PKI, karena sejak kecil kita sudah teracuni. dulu waktu aku masih kecil pernah melihat ibu2 di sekitar lingkunganku bertengkar dengan ibu2 lainnya, mereka memaki dengan sebutan (DASAR LOE PKI…!!!). tapi sekarang sangat berbeda, sudah tidak pernah lagi kudengan makian2 seperti itu lagi, karena orang2 di lingkungan sudah terbuka matanya dengan kebenaran sejarah, karena mereka mau menggali kebenaran2 sejarah dan tidak malas dalam diskusi

      • ah jangan2 loe antek PKI jg, yang msh perlu belajar tentang PKI lg..ntar dijamin masuk surga deh…hahah

  64. jendral2 yg menjadi korban juga merasakan kekejian mereka sendiri … cerita dari mbah saya … sewaktu jendral2 tersebut brperang di semarang dg DI/TII … mereka berlomba2 untuk mengoleksi kepala manusia dari laskar DI/TII yang meninggal … dijejer diatas meja … rata2 laskar DI / TII berambut panjang dan ada ikat putih dikepalanya (mereka bersuka cita dg kesenangan itu) … itu menunjukkan kekejian mereka jadi mereka merasakan juga kematian yg keji juga …

  65. well,, kasian anak” sekarang…
    sejarah indo ajj gk tau mana yg bener mana yg salah….
    masa harus dibohongi oleh sejarah negeri sendiri.?kn lucu…
    n yg pasti hal yg dh terjadi jgn smpe keulang lg…
    n jgn smpe gk jelas lg..
    cz apa ygterjadi ma bangsa ini n siapapun pelakux itu akan tercatat dalam sejarah smpai beberapa puluh tahun kedepan…
    n jdi buah yang diberikan kpda penerus bangsa….
    smua dh terjadi gk bsa salahin siapa”,,,

  66. kabar yg tak kan pernah kunjung dimengerti oleh masyarakat luas ini akan selalu menjadi hal yang tabu dan akan menjadi legenda hidup.
    tunjukan kebenarannya kepada generasi muda indonesia untuk bisa tahu apa yg sebanar-benarnya tantang G30S/PKI semoga allah memberi jalan yg lurus dan terbaik buat bansa yg besar ini

  67. BPK penghuni surga, emang u siapa sih? klo emeng gak au seluk beluk janganmi komentar domk buat kesal aja lhu /////\\\\\\
    …………

  68. tidak usah pada bingung dan repot….kamu2 kalo pengen ngerti mati dulu…biar tahu kejadian masa lalu di akherat…okeyy….jadi gak usah ribut ya….

  69. PENDAPAT SAYA ANTARA SETUJU & TIDAK SETUJU DENGAN RATNA SARI DEWI SOEKARNO.SETUJUNYA BUNG KARNO MENINGGAL KARENA “OVER DOSIS”. TIDAK SETUJUNYA “OVER DOSIS” NYA KARENA APA?APA KARENA PEMBIUSAN OBAT YANG BERLEBIHAN ATAU APA?ITU HARUS DIJELASKAN SECARA GAMBLANG, TIDAK BISA SEMBARANGAN KARENA INI MENYAGKUT KONDISI TERAKHIR BUNG KARNO.TETAPI SAYA BERARGUMEN, BAHWA BUNG KARNO MENINGGAL KARENA DESUKARNOISASI YANG DITERIMA BUNG KARNO DARI PRESIDEN SOEHARTO (PADA SAAT ITU).SEHINGGA BUNG KARNO TIDAK MENDAPATKAN PERAWATAN MAKSIMAL DARI TIM DOKTER.

  70. Melihat G 30 S sepertinya melihat 3 atau 4 orang melihat Gajah orang 1 ditanya bagaimana Gajah menurutmu karena lihat samping gajah kaya papan putih berkaki,Orang 2 bagaimana gajah menurutmu punya kepala ,bertnduk ,punya hidung mata dst yang lihat dari depan, yang lihat dari belakang bagaimana gajah seperti garis panjang yang berbulu .Begitu juga yang lihat Gerakan 39 september : orang PKI akan lihat beda dengan orang yang bukan PKI.Bukankah pandangan berbeda karena lihat dari sudut yang tidak sama.ya akan terjadi penafsiran beda tergantung sudut pandang. Begitulah kebenaran didunia tidak akan ada yang abadi,

  71. buat kalian semua, tolong untuk tidak bersifat “komunis-topobia” atau terlalu takut pada komunis.

    saya yakin kalian melihat “PKI” sebagai pihak yg kejam. sebetulnya tidak begitu, yg benar PKI berbuat demikian karena sifatnya sebagai partai yg radikal. 7an nya sama, untuk membangun indonesia yg kita cintai ini. menurut saya kekerasan memang diperlukan untuk melakukan perubahan secara cepat/radikal. coba kalian lihat, adakah revolusi tanpa pertumpahan darah?jawabannya: semuanya terdapat pertumpahan darah! seperti kata “Kennedy” intinya adalah (pohon demokrasi perlu disirami darah-darah patriot bangsa agar tumbuh subur).

    tdk jauh brbeda pendapat yg diungkapkan mantan presiden negara liberal ini dengan pendapat “Karl Marx”.

    • Betul sobatku, Orde baru telah berhasil menghitamkan sejarah Indonesia dengan menguasai semua lini, saya ingat waktu SD ketika pak guru memberikan pelajaran kepada kami tentang kebejatan PKI, dalam pikiranku sangat membenci n melaknat PKI, tapi sekarang setelah saya dewasa baru aku menyadari ternyata orde baru membalik fakta, orde baru menanamkan kebencian rakyat indonesia kepada PKI dengan cara membuat sejarah palsu untuk diajarkan kepada seluruh murid sekolah di indonesia, maka sudah wajar jika semua orang benci PKI karena mereka sudah termakan sejarah2 taklid buta yang pernah didapatkannya waktu sekolah, orang2 yang benci PKI dan Ir. Soekarno adalah orang yang malas belajar, malas berdiskusi, malas membuka mata hati tentang kebenaran.

  72. Bung karno tidak sejahat yang orang tuduhkan kepadanya….
    Bung karno seorang yang punya padangan jauh kedepan
    mengenai nasip bangsa dan negaranya…..
    tapi sayang banyak orang yang salah mengerti mengenai
    Bung Karno.
    Kebenaran itu pasti terungkap….

  73. sejarah telah memaparkan kebenarannya,siapa yang pahlawan dan siapa yang pecundang, kita tahu Bung karno sampai sekarang selalu dipuja dan dihormati rakyatnya,sedangkan suharto sampai akhir hayatnya mati dalam keadaan dicaci maki rakyatnya, mati dalam keadaan berhutang……

    • Betul kata para Intelektualis, kebenaran sejarah pasti akan terungkap manakala yang terlibat dalam sejarah itu semuanya telah pergi meninggalkan dunia ini

  74. Tak Kenal maka tak Sayang..

    kalo ingin jadi sejarawan silahkan cari artikel2 mengenai para pahlawan

    Ir. Soekarno (autobiography as told Cindy Adams)

    silahkan cari n download bukunya di internet

    cari juga Biography n sejarah orang2 n kejadian dibawah ini :

    Soeharto (wikipedia)
    D.N Aidit (wikipedia)
    PKI (wikipedia)

  75. Ir. Soekarno adalah seorang Muslim Theosof (Baca: Tasawuf), sejak kecil hidup dalam kemelaratan, lahir 6 juni 1991 saat matahari terbit. kepribadian jujur dan selalu menang (egois). tapi dengan ke-egoisannya itulah yang membuatnya mampu memerdekakan Bangsa kita,

    Dipa Nusantara Aidit (D.N Aidit), lahir dengan nama Achmad Aidit dari seorang ayah Abdullah Aidit, D.N Aidit adalah seorang Santri yang taat. menjabat sebagai sekretaris PKI yang kemudian naik menjadi Ketua PKI, suatu masa meminta kepada pemerintah agar warga PKI seluruh indonesia dipersenjatai (Inilah yang membuat Militer saat itu berprasangka buruk). Militer membuat siasat buruk untuk membubarkan PKI. militer meminta Presiden Ir. Soekarno untuk membubarkan PKI tetapi Presiden menolak karena PKI dalam pandangannya adalah partai yang tidak membahayakan Indonesia. saat itu salah seorang Jendral Pangkostrad S****TO haus kekuasaan, melakukan propaganda terhadap militer, akibatnya militer membunuh 7 jendral, kemudian mengkambing hitamkan PKI, S****TO melakukan pembunuhan karakter terhadap PKI, akibatnya setengah penduduk Indonesia Musnah seketika.

    Jumlah korban nrakyat indonesia selama pemerintahan orde baru S****TO sepuluh kali lipat jika dibandingkan korban penjajahan Belanda selama 350 tahun.

    • hehe saya setuju, bung karno memang hebat tapi terkadang beliau kurang sabar dan dalam mengatasi konflik internal (saudara satu negri) menjadi kelemahannya. hingga sampai bisa tertipu soeharto. dan soeharto hanya beruntung saja saat terjadi konflik antara pihak2 yg berseberangan dgn dia, dialah yg untung.

      • lo tau ga ? knp soekarno “doyan perempuan ?”…nah ini yang harus super hati2 ngasih koment nya…

  76. SIAPASIH ARY ANSHORIE?

  77. tlng jelaskan lbh lnjut and tampilkan bukti2 yg lain.
    coz msh penasaran bgttttttt……
    thx

  78. aduh..
    aku jd tmbah pnasaran nihh..

  79. wah kayaknya artikel ini cocok banget ni ama aku, karena aku ni orangnya suka sekali dengan semua benda yang berhubungan dengan sejarah , misteri dan ghaib. bagi aku, aku percaya kok apa yang ibu dewi ceritakan karena begini sedikit sebanyak beliau pasti mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi di masa dulu di karenakan beliau juga termasuk dalam sejarah itu dengan menjadi istri kepada BK, nah sekarang fikir2 dech apa untungnya kalau misalnya beliau berbohong coba, nggak mungkin dengan kebohongan beliau dapat membangkitkan BK kembali , atau beliau akan menjadi artis dadakan karena ceritanya menjadi hit dan hot, dalam dan luar negeri, nggak kan?

  80. kenapa pada ribut in urusan yang ini… pada waktu jaman soekarno ada pembantaian rakyat sampai detik ini ga pernah dibahas dan ga ada di sejarah, gw hanya dapat cerita dari orank tua gw yang ngalamin pada saat itu… intinya versi soekarno sm soeharto sama2 tanda tanya… intinya pejabat rela lenyapin sebagian rakyat demi namanya harum dengan 1001 alasan… seperti masalah teroris saat ini, kalau pandangan gw, teroris itu buatan petinggi negara… coba analisa sendiri kalau ga percaya… masalah teroris pasti bakal muncul kl negara lagi kondisi “bergejolak”, cm satu yang jadi pertanyaan gw, orank penting mana yang jadi dalank teroris apa si S, si M, si A, si J, si G atau sapa ? analisa masing2 dech…

  81. dewan jendral tu ga da mba,bahkan yg mau kudeta tu aidit,soekarno juga sudah paham idiologi marxisme.dan bukan sukarno sja yg paham marxis tp hatta juga
    jdi soekarno wajib mempertanggung jawabkan tragedi g 30 s pki tpi di keburu sakit dan dia di tempatkan d hallim untuk mengaman kan diri nya

  82. waduh jadi tambah rumet ya…….
    pusing deh jadinya,sumber mana yang jujur ya?
    susah deh jadinya kalo banyak info yang berbeda-beda….
    ……………

  83. pki itu sedikit saja salahnya yaitu tidak mengakui adanya tuhan, kalau mereka mengakui adanya tuhan pasti mereka lebih mulia dari pemuka-pemuka agama manapun yang ada di indonesia.

    by: letkol_untung65

  84. Tetap aja ga bisa buktin app…..
    Meski di kupas sebersih apapun, pasti akan di kemas sebaik mungkin…..

  85. marilah kawan kita sama2 berjuang menyelamatkan akaum buruh dan tani karena dari kekuatan tsb lah indonesia bisa maju dan masyarakatnya akan sejahtera

  86. pki memang paham dari luar (rusia dan cina) tp itu semua bertujuan untuk melawan liberalisme dan kapitalisme, sodara ku semua rakyat indonesia itu penduduknya ber mayoritas kaum buruh dan tani seperti hal nya rusia dan cina makanya klo buruh dan tani brsatu kapitalisme itu akan takut di karenakan mereka tdk akan mendapatkan keutungan yg besar. maka nya oleh yg brkepentingan pribadinya (liberalisme) kaum buruh dan tani itu ditekan supaya tdk bisa bangkit dan tdk menghalangi mereka dlm mngumpulkan kekayaan nya.

    • bukannya terbalik mas? dari pengakuan kakek saya jaman dulu itu paham komunis yang menitikberatkan pada kebersamaan yang salah satu poinnya tidak memperbolehkan petani (termasuk kakek saya) untuk memperbesar kepemilikan sawahnya melebihi angka tertentu yang akan ditetapkan para pimpinan paham komunis? rakyat indonesia saat itu dibantai karena soeharto hendak menutupi skenarionya ttg penggulingan dan pembunuhan pelan2 bung karno, dgn dalih untuk pembasmian personil dan simpatisan pki. memang saat itu bung karno hendak menggunakan kekuatan pki untuk menghindari agresi dan campur tangan western (paham liberal) atas indonesia. banyak pihak yang menentang keputusan beliau terutama para pimpinan militer, akan tetapi seperti yg kita ketahui bung karno itu sifatnya sangat keras dan cenderung kurang sabar dalam menjalankan taktik melawan amerika yang tentunya berbeda seperti melawan penjajahan belanda, portugis, inggris maupun jepang. saat itu bung karno menekan agar pihak militer sesegera mungkin untuk mengambil tindakan untuk melawan amerika padahal nyata2 militer juga sedang dihadapkan dengan malaysia yg saat itu sedang menjadi oposisi kita. dan nyata2 pula bahwa sikap dan tindakan malaysia itu mendapat dukungan dari inggris dan amerika yang tidak menginginkan negara manapun bergandeng tangan dengan musuhnya yaitu rusia. maka itu semua negara yg menjadi teman rusia (musuh amerika) pasti diacak-acak.

    • itu berdampak hingga sekarang dimana pemerintah bersikap seolah agak acuh ketika properti kita dimenangkan malaysia di sidang internasional. kenapa? bayangkan jika pemerintah menuruti keinginan rakyat untuk berperang dengan malaysia. bukan perang dunia ke-3 lagi tapi kita bisa hancur dalam waktu 1 menit saja. sumber daya alam saja sudah dikuasai amerika sejak bung karno jatuh (bagi2 hasil jarahan bahasa kasarnya). malaysia merdeka itu pemberian inggris tapi tetap merupakan anggota persemakmuran alias disubsidi inggris dan amerika. senjatanya? emang kita mampu?? cuma ngelawan malaysia? (yg notabene backingnya mereka) itu pula yang menjadi pertimbangan militer saat itu sehingga membuat bung karno tidak sabar dan menggunakan kekuatan pki untuk menghambat intervensi western, dan beliau sendiri berencana untuk ‘mengurus’ pki setelah western mampu diatasi. tapi saya juga sanksi pki akan mampu diatasi jika melihat perkembangan poppularitas dan pesatnya keanggotaan pki yang bak jamur di musim hujan

  87. korban politik di indonesia ialah pki. klo pki kuat maka kapitalisme2 di indonesia itu tdk dapat sewenang2 dlm mengatur negara ini. sebab paham pki ialah semua rakyat di negara nya itu sama rata, dan paling di utamakan ialah kaum buruh dan tani
    dari mereka lah (buruh & tani ) lah kekuatan negara ada ditangan nya,

  88. asal tahu ya semua manusia dilahirkan melalui perantara orang tua, itu budi jasa yg paling besar kepada kita ialah BURUH & TANI, dari hasil mereka lah kita bisa seperti ini. sandang pangan dan papan itu hsl dari BURUH & TANI.
    ingat mayoritas manusia itu mnjadi BURUH & TANI walaupun presiden, pejabat, pns, polisi, tni semuanya itu BUBURUH (Kerja untuk mndapatkan upah) apalagi rakyat kecil. cuma yg membedakan nya ialah status dan derajat. kita di ksh SANDANG PANGAN DAN PAPAN itu hsl BUBURUH ortu dan hsl tani orang lain.
    presiden, pejabat, tni, polisi, pns dll (rakyat kecil) itu buburuh untuk membiayai hidup keluarga dan dirinya untuk membeli sandang pangan dan papan (hsl tani). Dr BURUH & TANI lah semua MUNUSIA bs hidup tp mengapa kita selalu melupakan nya bahkan menindasnya.
    APA SALAH MEREKA (KAUM BURUH DAN TANI)????????????

  89. Makanya eyang sukarno itu berani mempertahankan pki maksudnya ialah ingin menyempurnakan paham pki melalui pancasila,

    1.yg tdnya pki tdk bertuhan maka akan bertuhan,
    2.yg tdnya pki tdk beradab akan beradab
    3.yg tdnya pki tdk brsatu maka akan bersatu.
    4.yg tdnya pki tdk bermusyawarah menjadi musyawarah.
    5.yg tdnya pki tdk adil maka akan adil.

    yg dibutuhkan oleh eyang karno dalam membangun negara indonesia ialah melalui kekuatan KAUM BURUH & TANI karena mayoritas penduduk indonesia ialah buruh dan tani. dgn melihat kunggulan secara geografis wilayah indonesia maka eyang karno ingin mensejahterakan rakyat nya melalui kaum buruh dan tani
    dengan memperkuat dulu buruh dn tani nya indonesia spy tdk kurang sandang pangan dan papan.

  90. makanya para paham liberal (kapitalis) itu tdk menginginkan masyarakat indonesia paham (ngerti) tujuan eyang karno klo masyarakat indonesia itu bersatu melalui badan (pki dulu) yg di pimpin oleh eyang. karena akan menggangu kepentingan negara2 yg berpaham liberal yg menginginkan kekayaan negara indonesia.

    dah ach….

  91. Waduhhh, bingung juga,,,nih…Masalahnyakan, Setiap Orang punya Alibi yang berbeda2 dan patut di apresiasi..Nah tnggal bagaimana nantinya Rakyat yang menilah…..tapi…Pengadilan AKHERAT yang Paling adil …Tunggu Aja Tanggal Mainnya yah…………

  92. kakek gw bilang sbelum meninggal kalo jendral itu cuma satu yaitu Jendral SUDIRMAN, jendral yg punya bintang 5 (pertama kali). Nagabonar aja hormat sambil nangis. “kalo masih ada” Jendral sudirman yg pantes gantiin posisis soekarno”

    • jangan salah Presiden Indonesia ke 2,Hakikatnya adalah Jendral.Ahmad Yani.satu2nya Jendral tertinggi yg akan mewarisi Kekuasan Sukarno pada waktu itu,Tapi nyatanya Fakta dan Sejarah sdh d belokkan,(“Kita cuma bisa berandai andai aja,eandainya Indonesia Pres.Jend.Ahmad Yani,sekarang Indonesia sepeti apa ya…..)

    • jempolll

  93. MERDEKA !!!

    INDONESIA adalah BUNG KARNO, dan BUNG KARNO adalah INDONESIA.

    SEJARAH akan MENGUNGKAP KEBENARAN, dan SEKARANG sudah teramat jelas, siapa BENAR dan SALAH tersebut.

    SATU KATA, BUNG KARNO adalah PUTRA TERBAIK YANG DICIPTAKAN ALLAH SWT, BAGI BANGSA INDONESIA, DAN ORANG TERBAIK SEPERTI BELIAU, JELAS SANGAT BANYAK MUSUHNYA, BAIK DARI LUAR MAUPUN DALAM NEGERI SENDIRI.
    ITU KARENA, PENGKHIANAT2 NEGERI INI YANG MENJUAL NEGERI NYA SENDIRI, DEMI RUPIAH DAN KEKUASAAN.
    TAPI, SEMUA ITU ADALAH PEMBELAJARAN DARI PERJALANAN SEJARAH NEGERI INI..

    ANAK CUCUKU, AKAN KUTANAMKAN PEMAHAMAN, BAHWA NEGERI INI PERNAH DIPIMPIN SEORANG PEMIMPIN YANG CERDAS, JUJUR, AMANAH DAN BERKARAKTER KUAT !
    BELIAU ADALAH IR. SOEKARNO alias BUNG KARNO.
    Titik .. Tak ada koma.

    MERDEKA !!!RNO, dan BUNG KARNO adalah INDONESIA.

    SEJARAH akan MENGUNGKAP KEBENARAN, dan SEKARANG sudah teramat jelas, siapa BENAR dan SALAH tersebut.

    SATU KATA, BUNG KARNO adalah PUTRA TERBAIK YANG DICIPTAKAN ALLAH SWT, BAGI BANGSA INDONESIA, DAN ORANG TERBAIK SEPERTI BELIAU, JELAS SANGAT BANYAK MUSUHNYA, BAIK DARI LUAR MAUPUN DALAM NEGERI SENDIRI.
    ITU KARENA, PENGKHIANAT2 NEGERI INI YANG MENJUAL NEGERI NYA SENDIRI, DEMI RUPIAH DAN KEKUASAAN.
    TAPI, SEMUA ITU ADALAH PEMBELAJARAN DARI PERJALANAN SEJARAH NEGERI INI..

    ANAK CUCUKU, AKAN KUTANAMKAN PEMAHAMAN, BAHWA NEGERI INI PERNAH DIPIMPIN SEORANG PEMIMPIN YANG CERDAS, JUJUR, AMANAH DAN BERKARAKTER KUAT !
    BELIAU ADALAH IR. SOEKARNO alias BUNG KARNO.
    Titik .. Tak ada koma.

    MERDEKA !!!

  94. gwe masih bingung sama, siapa jah mentri yang terlibat G30SPKI….???

    • musti baca buku2 yang mengungkapkan kesaksian dari para pelaku sejarah bung. sayangnya tidak semua ngeh karena hampir semua sudah tewas dibunuh ataupun keburu meninggal

  95. berdasarkan adanya PKI yang disahkan sih saya lebih percaya ini ada campur tangan CIA/amerika yg merupakan musuh besar rusia. dari kebiasaannya dalam sejarahpun dibuktikan dengan berbagai kejatuhan pemimpin negara2 di dunia yang sedang ‘bergandeng tangan’ dgn musuhnya amerika selalu mengobrak-abrik negara tersebut. nah demikian halnya dengan indonesia, terlebih setelah adanya komunis indonesia diembargo lalu terjadilah permusuhan antara bung karno-amerika dimana tercetus kalimat “go to hell america”, makin menyulut kemarahan mereka.

    kala itu bung karno masih garang-garangnya hingga mampu mempermainkan dan memeras amerika yang tadinya mengembargo menjadi memberi segala rupa yang diminta bung karno. amerika telah memakai segala cara untuk menjatuhkan bung karno sebagai pemimpin negara yang bergandengan dgn musuhnya. dari mulai menciptakan pemberontakan-pemberontakan di penjuru daerah, memanfaatkan sifat bung karno yang suka perempuan dgn menciptakan rumor, hingga si CIA mendapat ide yaitu dgn cara kudeta oleh ‘saudaranya’ sendiri. semangat nasionalis bung karno nampaknya sangat tinggi sehingga tidak mempercayai saudaranya akan berkhianat. g30s ini saya pikir merupakan perpaduan antara konflik antara para pimpinan di bidang politik yg bersebrangan yang mempunyai kepentingan msing2, faktor dendam diantara mereka, keteledoran yang satu hingga keberuntungan seseorang yang menjadi pemenang.

    setiap pemimpin pasti ada kekurangan dan kelebihannya. tidak semua orang akan menyetujui keputusannya. ada yang memendam unek2 dan memilih diam manut asal hidup senang di bawah naungan perintahnya, ada pula yang berambisi menggantikannya. mohon maaf ya, toh ternyata pak nasution yang dikabarkan selamat dan menjadi pahlawanpun ternyata dulunya sempat punya pemikiran untuk menggulingkan bung karno. bung karnopun bukan tidak mungkin melakukan keteledoran dengan menggandeng komunis yang entahlah mungkin beliau tak terpikirkan saat itu akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. yang tak dinyana bumerang yang dilontarkan amerika menggunakan saudaranya sendiri.

    ironis sekali sejarah masa pertengahan negri ini, yang kasihan ya anak-anak sekolahan yang diajari entah menggunakan versi yang mana. yahh terlalu banyak intrik yang kemudian menyebabkan koalisi tidak tulus di antara mereka sendiri yang berseberangan dgn bung karno. mau bagaimana lagi, hampir semua pelaku sejarah dan saksi hidup di masa itu sudah tiada. jika saja bisa memiliki doraemon mungkin bisa terjawab :P. tapi menurut cerita bapak saya soal pki dulu ia pernah melawan pki sebagai mahasiswa tetapi saat itu bukankah mahasiswa dihasut oleh (maaf) pak harto. nenek(dari ibu saya) pernah bercerita soal besannya (kakek saya dari bapak)yang seorang polisi jaman dulu pernah memperingatkan kakek (dari ibu) yang seorang petani untuk tidak memasang bawang dan cabe merah karena merupakan simbol terselubung PKI. jadi saya berasumsi PKI memang agresif, soal kekejamannya saya tdk tahu, tapi dari warning pemasangan bawang dan cabe itu bisa diambil kesimpulan bahwa pembantaian yang mengatasnamakan anti-pki memang menyeret rakyat yang saat itu dibuat bodoh. mohon maaf juga jika ternyata kenyataannya pak harto memiliki sejarah korupsi, licik dan kejam (kisah menurut versi dr. soebandrio). jadi semua bisa mengerti kesimpulannya.

    yang penting mulai sekarang hingga ke depannya kita apalagi rakyat lebih proaktif menjaga kinerja pemimpin negeri supaya kita bisa bekerjasama membangun negara bersama-sama. setiap pemimpin pasti ada salah dan benarnya, baik buruknya. untuk yang tersakiti oleh pak harto, anak istri bung karno, para pejuang yang tak dianggap, terfitnah, dan lain sebagainya bisa dimengerti kok rasa sakitnya.

  96. Indonesia dr sjk dulu kala,sdh menjadi Negara Besar,dan Wibawa yg Besar.Taukah anda Presiden Ind ke-2,Hakikatnya adalah Jend.Ahmad yani yg pada waktu itu merupakan Jend.teringgi di bawah Pres.Sukarno,namun sejarah berkata lain,seandainya,Pres.Ind Ahmad Yani…..lalu presiden2 berikutnya,…saat ini wajah Indonesia apakh ruwet seperti sekarang atau sebaliknya,…tetap menjadi negara besar dan wibawa seperti jamannya Sukarno

    • iya betul, sayangnya keburu diberondong peluru sama cakrabirawa. menurut dr soebandrio sih beliau adalah orang yang menampar soeharto sewaktu dia ketahuan menyelundupkan barang dan meminta upeti pada perusahaan2 dgn menggunakan institusi militernya, kemudian dipecat oleh nasution. maka mereka yang menjadi korban g30s itu mayoritas musuh yg menjadi dendam soeharto.

  97. PERISTIWA G 30 S/PKI KORBAN DAN PELAKU ADALAH SAMA2 DARI PIHAK TNI.MEREKA YG BERSETERU RAKYAT KECIL YG KENA GETAHNYA!SAMPAI KAPAN PUN TNI ADALAH PERUSUH NEGARA!TNI=BINATANG BIADAB!!

    • tidak semua bung, tni di waktu jaman kita dijajah menjadi alat pelindung negara kita. hingga mampu menangkal serangan pemberontak yang ternyata dibantu oleh pilot bayaran CIA. tni lho yang berperan besar, saat itu kan rakyat biasa justru kesulitan untuk ‘berperan’

  98. Waduh…..sederhana sajalah kalau berpikir. PKI itukan jelas komunis yang Tidak ber-TUHAN sedang negara RI ini oleh pendirinya berdasar KETUHANAN YANG MAHA ESA. Maka kalau ingin menjadikan negara yang tidak ber-TUHAN yang sana diluar wilayah negara RI. Kalau ada yang masih ngotot membangkitkan PKI yang tidak ber-TUHAN ya jangan salahkan lho nanti dibabat lagi oleh rakyat yang ber-TUHAN. Kamu lho yang tanggungjawab yakni orang/keturunan PKI /sebangsanya yang ingin membangkitkan . He….he….he….hayo berani ?

  99. Waduh…..sederhana sajalah kalau berpikir. PKI itukan jelas komunis yang Tidak ber-TUHAN sedang negara RI ini oleh pendirinya berdasar KETUHANAN YANG MAHA ESA. Maka kalau ingin menjadikan negara yang tidak ber-TUHAN ya sana diluar wilayah negara RI. Kalau ada yang masih ngotot membangkitkan PKI yang tidak ber-TUHAN ya jangan salahkan lho nanti dibabat lagi oleh rakyat yang ber-TUHAN. Kamu lho yang tanggungjawab yakni orang/keturunan PKI /sebangsanya yang ingin membangkitkan . He….he….he….hayo berani ?

    • wuahh bahaya kalo indonesia sampe dipimpin sama yang tidak ber-Tuhan. sama yg ber-Tuhan saja masih banyak ketidakadilan, kesewenangan hehehe

  100. sebenarnya segala sesuatu yang terjadi di Indonesia ini dikendalikan oleh politik kaum yahudi.mulai dari awal-2 tahun kemerdekaan sampai aksi militer yang terjadi tahun 1947 – 1948 , siapa itu yang menyerang negara kita ? Siapapula yang dengan gencar melakukan politik divide et impera dengan memaksakankehendak berdirinya negara federal (RIS).Siapapula yang tetap
    mempertahankan RMS, yang nguti-utik Irian Barat, pendukung Fretilin ?
    Mereka adalah Belanda,Amerika,Inggris yang merupakan negara yg senanti
    asa berada dibalik/pendukung politik Zionis /Yahudi malalui tangan FBI ,CIA.
    Kalau kemudian menurut Dewi Sukarno peristiwa G30S juga melibatkan CIA
    itu tidak mengherankan.Presiden Sukarno insya Allah adalah anti Yahudi .
    Seorang politikus yg anti kolonialisme/imperialisme yg jelas pasti tetap men
    dukung berdirinya negara Palestina Merdeka,yg sampai sekarang terus me
    nerus ditolak Israel. Jadi kalau kemudian terjadi saling bunuh diantara bangsa kita pada beberapa peristiwa yang memilukan di negara kita dari wak
    tu kewaktu yaitu tadi,kita merupakan korban dari politik kebiadaban Yahudi.
    Tentang PKI mungkin disatu sisi memang suatu partai yang progressive re
    volusioner anti imperialisme/kolonialisme.Namun disisi lain,kalau menengok
    ke tahun 1948 pada peristiwa Madiun,mereka banyak membantai ummat Is
    lam,para kyahi,ustadt,tanpa alasan.Peristiwa inilahyang kemudian membuat
    sejarah kelam bagi Ummat Islam atas PKI.Yang notabene Komunis memang
    merupakan partai Atheis yang sangat bertentangan dengan Sila Pertama
    Azas Negara kita,yakni Ketuhanan yang Maha Esa.

  101. sebenarnya PKI itu bertujuan meruntuhkan pancasila sebagai ideologi terbuka. pki itu tidak tahu terima kasih.padahal presiden soekarno telah mengizinkan komunis di indonesia masuk dalam kancah politik bahkan pemerintahan..buktinya bung karno pernah menyetujui NASAKOM di indonesia.tp pki mempunyai niat licik untuk meruntuh kan NKRI dng faham komunis yang berdasarkan ajaran atheis………..

  102. saat ini sudah tidak ada yg perlu disalahkan lagi…
    karna bung karno pernah berkata ‘Bangsa yg besar adalah bangsa yg menghargai para pahlawannya’.
    sedikit besarnya ada orang-orang pki yg menjadi pahalawan indonesia.
    dan menurut saya semua ideologi dimuka bumi ini sama…
    yaitu bertujuan untuk mensejahterakan umat manusia…
    hanya caranya saja yg berbeda

  103. PKI memang terbukti tidak benar, jadi kita bungkus dengan apapun tetap saja PKI. Sukarno – Suharto tidak salah, kita harus akui walau beliau Presiden tapi pasti ada kelemahannya. Jadi sekarang tidak perlu memperuncing masalah hanya karena peristiwa itu. Saran saya, mari memperbaiki kesalahan yang silam untuk kemajuan Bangsa ini.

  104. awas bahaya laten pki mulai tumbuh

  105. hukum di bumi : sejarah yg sah ( harus /wajib diakui ) adalah sejarah yg ditulis oleh jendral yg menang,, jika yg menang adalah kelompok pro amerika, ya maka itulah sejarah yg terbuat sesuai keinginnan mereka..
    hehe..
    sampai detik ini kelompok binaan barat lah yg sukses menjaga kemenangan
    sejak tahun 1965,, menang adalah berarti berhak secara mutlak menciptakan/menulis sejarah. sekalipun direkayasa

  106. Semua fakta masih meragukan…untuk masa depan kita harus lebih berhati 2….jgnlah kita ikut telunjuk negara asing…kita sendiri pun bisa jadi negara rujukan negara 2 asing…bagaimana caranya? Percaya kepada Allah SWT…dan …percaya bahwa kitapun bisa berdiri sendiri diatas tanah air sendiri…percayalah saudaraku setanah air apa yang kita buat …baik atau jahat akan diperhitungkan di akhirat nanti…berhati 2 lah jadi pemimpin…

  107. memang dari awal,amerika sudah terlibat….bahwa jendral yg dibunuh itu adalah anti as,cakrabirawa diperalat dan diadu domba oleh”as”
    kita pst ud tau n maklum siapa tuh anak buak as….

  108. sesudah saya baca kesaksian soebandrio, buku dalih pembunuhan masal (john roosa) buku-buku dan artikel artikel lainya mengenai g 30 s menurut saya pribadi, letak kesalahan PKI cuma satu yaitu mereka tidak mempercayai TUHAN karena semua kegiatan dan program2 yang dilakukan PKI bagus untuk rakyat indonesia tetapi sayang dikarenakan mereka tidak mempercayai TUHAN maka ideologi komunis di indonesia tidak di ijinkan oleh ALLAH SWT karena bagaimanapun indonesia merupakan penganut ISLAM terbesar didunia, disini saya bukan sok Islamis, tapi coba saudara semua pikirkan baik yang PRO kumunis ataupun yang KONTRA kalau anda betul betul membaca buku, kesaksian pelaku, dan seluruh yang berhubungan dengan g 30 s pasti anda dapat memahami coment yang saya tulis ini, trims.

  109. apa mungkin ya,jatuhnya Sukarno adalah upaya pencegahan atas pulangnya emas seberat 57.150 ton,yg sedang diupayakan pemulangannya oleh bungkarno?dan masih pada taraf pengakuan oleh JFK,lewat the green hilton agreement.banyak pengamat amerika menganggap keputusan tersebut salah?Sukarno jadi kunci kembalinya harta nenek moyang Indonesia yg dijarah belanda?apakah mungkin amerika rela?konon kejatuhan Sukarno dianggap sebagai hadiah besar dari asia tenggara?oleh presiden amerika,apa yg dimaksud dg hadiah tsb?

  110. Semuanya kaga ada yg bener. Entah itu ORLA, ORBA, dan PKI.
    Bayangkanlah bila ORLA masih ada s/d sekarang, pasti jadi sasaran invasi tentara AS.
    Bayangkanlah bila ORBA masih ada s/d sekarang, pasti kesenjangan sosial semakin parah.
    Dan bayangkanlah bila PKI masih ada s/d sekarang, pasti agama menjadi jauh.

    REVOLUSI

    • Gw mau berbagi sedikit info yg gw dapat….pada awalnya semua ini terjadi akibat serakahnya kapitalis2 yg melirik indonesia sebagai negara yg sangat kaya……
      keterlibatan CIA atas terjadinya G30s PKI benar….Secara logika kenapa harus jendral ke delapan yg harus menggantikan kedudukan presiden……jawabannya adalah karena 7 jendral yang lainnya bersama bung karno telah menolak pihak asing untuk mengembangkan binisnya di Indonesia maka dari itu Bung karno dan 7 jendral lainnya dibantai kecuali jenderal soeharto….jendral soeharto adalah satu2nya jendral yg tertarik dengan kekayaan yg di janjikan kapitalis2…..padahal saat itu bung karno telah menasionalisasikan perusahaan asing dengan maksud agar pihak asing tidak menguasai hasil bumi indonesia yg melimpah….karena pada saat itu dinegara kita yg tercinta ini blm banyak tenaga AHLI untuk mengelola sumber daya alam kita……mungkin kl rencana bung karno berjalan mulus tanpa ada pengkudetaan yg sadis itu mungkin negara kita ini sudah menjadi negara terhebat, terkaya, super power……..
      dan stelah saya cari tahu lebih dalam, di balik semua masa sejarah kelam indonesia pasca kemerdekaan tahun 45 adalah perbuatan ISRAEL yang meramalkan bahwa suatu hari indonesia adalah negara ISLAM terhebat….makanya sebelum semua itu terjadi mereka melakukan serangan melalui anak bangsa yg hebat namun serakah yaitu jenderal soeharto….dan sampai sekarang negara ini selalu dirusak oleh ZIONIS melalui neo kolonialisme…..mudah2an sedikit informasi yg saya punya ini dapat menambah wawasan saudara/i dan menambah serta membangkitkan rasa patriotisme…

  111. ini baru nyambung….simple

  112. Terlepas dari banyaknya komentar positif maupun negatif atas postingan ini.
    Rasanya kita tidak perlu terbawa emosi.
    Perdebatan boleh berlangsung dengan panas, tapi kepala dan hati harus dingin untuk memperoleh titik temu kebenaran sejarah negeri ini yang sebenarnya.
    Kita tidak tahu pasti versi mana yang benar-benar sesuai alur sejarah, karena itu yang terpenting bagaimana kita mengambil hikmah atas sejarah tersebut untuk membangun negeri ini dari keterpurukan.

    MARILAH SAUDARAKU KITA PERKOKOH PERSATUAN DI ANTARA KITA UNTUK MEMBANGUN NEGERI INI

  113. semakin hari semakin ngeri negeri ini karena belajar dari semua pemimpin kita yang dahulu sampai sekarang semua pemimpin kita selalu bohong….liat aja nanti pasti akan lebih ngeri negeri ini….semua pembohong

  114. masihkah ada harapan negeri ini aku hanya percaya pada mu ya alloh swt

  115. Baca JFK,Indonesia CIA and freeport,tema G30S bukan kudeta,tapi neo kolonialisme,imperialisme,oleh amit amit jabang bayi,kita dlm cengkeraman kapitalis YAHUDI

  116. Segala sesuatux tinggal sejarah yg bukti kebenaranx msh blm bisa d buktikan dan hanya opini opini saja. Sejarah tinggal sejarah qta generasi baru hanya bisa melihat itu sebagai pelajaran dmn politik itu kejam.

  117. sy lebih suka dengan dia di’hidukan kembali sy sangat banga dengan perjuangan dia…klw dia emang mati di bunuh???

  118. Yg bilang komunis itu tdk beragama tolong liat negara2 komunis spt China atau Rusia apakah mereka tdk beragama? Komunis itu paham, Sama spt paham kapitalis dr negara barat.

  119. Yang hitam tetaplah hitam dan putih tetap putih. tapi sayang jika ada yg punya kepentingan ingin mengambil kesempatan dari keduanya. Jadilah dia abu-abu. lalu lempar batu sembunyi tangan dan main kambing hitam, mendingan kambing beneran bisa di sate…..! klo menurut aku yg sudah berlalu biarlah berlalu, mari kita tatap dan menata hari esok yg lebih positif bagi kehidupan kita. klo kita sibuk melulu memperdebatkan masa lalu kapan kita bisa sempat melangkah kedepan. Super semar tidak bisa dibuktikan dll, dan yg punya kekuasaan saat itu pada pintar cari kambing hitam demi tujuannya. rakyat yang bingung dan jadi korban fitnah dari dua kepentingan. orang pinggiran lagi yg kena.

  120. sebelum melempar kesalahan perlihatlatlah bukti yang jelas….

  121. semua itu omong kosong belaka………..termasuk kesaksian nenek…. jgn menyebar isyu yang macam-macam, lebih baik kamu tidur aja di rumah! kamu udah tua……….

  122. “Coba anda buka youtube, kemudian kopi ‘Rahasia G30S_PKI diungkap televisi Inggris’, lalu paste-kan dan selanjutnya simak dengan seksama. Semoga mendapat hal yang lebih baik.”

  123. penguasa orde baru memang biadab…

  124. kita memang bingung…. tp bung karno adalah pahlawan bangsa tp dia meninggal dengan tdk tenang,, kami mengutuk orang2 yg menghianatinya dan semoga mereka masuk neraka jahanam semua … amin

  125. Dasar LONTE…!!! Bibir atas ma bawah sama2 LOWERRR… Dewi adalah hanya pelayan nafsu soekarno & habis itu digilir o/ bandrio cs.. Tanyakan saja sm pelayan istana saat itu…

  126. cawet = anjing kudisan

  127. Sepele aja kasusnya,Untuk menggagalkan ganyang malaysia,konon PKI setuju ganyang malaysia,tapi angkatan darat tidak setuju.

  128. Penghianat negeri sendiri menikahi peremp jepang

  129. Kerjannya aja tukang kawin and punya istri sembilan blm lagi anak and cucunnya

  130. soeharto menuding PKI pelakunya….tak lama kemudian kekuasaan soekarno pindah ke soeharto dan soekarno di jadikan tahanan sampai beliau meninggal dunia….menurut pemikiran anda siapakah pelakunya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: