Oleh: apit | September 14, 2006

“Buka Palang Pintu” ; Pernikahan Adat Betawi

Liputan6.com, Jakarta: Para pengunjung Anjungan Daerah Khusus Ibukota, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (5/6) malam, tampak bersuka ria menikmati acara yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Jakarta. Acara khusus itu adalah upacara perkawinan adat Betawi. Hal itu sengaja dilakukan untuk memperkenalkan dan mempertahankan tradisi budaya Betawi. Pihak keluarga perempuan telah mempersiapkan diri sebelum keluarga calon pengantin pria meminangnya. Biasanya pihak pria yang membawa sejumlah makanan untuk ungkapan sukacita disambut dengan gembira oleh keluarga calon istrinya. Lewat proses lamaran inilah ditentukan pelaksanaan pesta pernikahan. Pada umumnya, pesta pernikahan dilakukan di rumah mempelai wanita. Upacara pernikahan diawali dengan arak-arakkan calon pengantin pria menuju ke rumah calon istrinya. Dalam arak-arakan itu, selain iringan rebana ketimpring juga diikuti barisan sejumlah kerabat yang membawa sejumlah seserahan mulai dari roti buaya yang melambangkan kesetiaan abadi, sayur-mayur, uang, jajanan khas Betawi, dan pakaian. Selain itu, perlengkapan kamar pengantin yang berat seperti tempat tidur serta lemari juga dibawa dalam prosesi arak-arakkan. Di dalam rombongan, tidak ketinggalan kedua orang tua calon pengantin pria turut serta. Selain itu ada juru bicara, qori atau pembaca Alquran, dan seorang ustad atau guru agama. Akhirnya rombongan tiba di rumah calon pengantin perempuan. Namun, tidak semudah itu calon pengantin pria dapat menemui pasangannya. Para jagoan calon pengantin pria harus melawan jagoan wanita dan mengalahkannya. Para penjaga pintu mempelai wanita kemudian membuka percakapan dengan sejumlah pantun. Selanjutnya, perwakilan mempelai pria membalas pantun tersebut. Setelah itu, seorang wakil pengantin perempuan menantang adu silat salah satu orang dari pihak lelaki. Prosesi tersebut menyimbolkan upaya keras mempelai laki-laki untuk menikah dengan sang pujaan hati. Uniknya, setiap petarungan silat, pihak mempelai wanita pasti dikalahkan oleh jagoan calon pengantin pria. Dalam tradisi masyarakat Betawi, upacara ini disebut buka palang pintu. Acara berlanjut dengan pelaksanaan akad nikah. Kemudian dilanjutkan dengan penjemputan pengantin wanita. Pengantin pria memberikan seserahan dan sirih dare yang di dalamnya berisi uang, gambir, pala, kapur, serta pinang dan membuka cadar pengantin wanita. Barang-barang tersebut melambangkan pahit, getir, dan manisnya kehidupan berumah tangga. Dengan kata lain, suami istri harus bisa menerima suka dan duka dari sebuah perkawinan. Dari gaya pakaian pengantin Betawi, ada dua budaya asing yang melekat dalam prosesi pernikahan. Pengantin pria dipengaruhi budaya Arab. Sedangkan busana pengantin wanita dipengaruhi adat Tionghoa. Demikian pula dengan musik yang meramaikan pesta pernikahan. Berdasar silsilah zaman dahulu, pada dasarnya Betawi didominasi dua budaya tersebut, selain tentunya Portugis dan etnis lainnya seperti Sunda.(DNP/Frans Ambudi dan Benny Souissa)


Responses

  1. dimana saya harus mencari palang pintu untuk acara pernikahan adat betawi? dan berapa harganya?

    • kalau mau telp aja ke 083897872512. adang

      • Buke Panag Pintu. Jangan sussah susah, Kontek aje Sanggar Sirih Dare pimpinan Bang Taufiq Abdullah, di 0818837872 ato 021-7980134

        Bang Taufiq Pakar Buke Palang Pintu, Kaga disangsikan lagi, Makenye sanggarnye dapat penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta tahun 2006 .

  2. qog gg da upacara kelahiran adat betawi sih…??
    dri td nyri dpt,tp ga nymbg ma isinya..
    dri td ktmu.a upacara adat perkawinan

    • Upacara kelahiran pada adat betawi dikenal dengan Acara nuju Bulanin, dan ini cume sekali pada anak pertama, diacara ini,dimulain dari sang calon ibu dikirag atau digedog, dengan tujuan untuk meluruskan posisi calon bayi.Sesudah itu sang ibu dimandikan,dikamar mandi sang ibu dst. dilanjutkan dengan acara pengajian dst………. wah…kali mao jelas datang datang ke sanggar sirih dare, jl.Mampang Prapatan XI/22 Telp.0217987134

  3. Saya bisa bantu Untuk yg Mao pake Palang Pintu + marawis atau ketimprik nya,,,

    1. Tarif di Jakarta Rp. 1,5 Juta
    (sudah termasuk transport ke lokasi)

    2. Untuk Luar Rp. 1,5 Juta*
    *(Belum termasuk Transport)

    • Asslkm wr wb bang maulana
      harga Rp 1,5 jt dah komplit ya utk acara nikahan adat betawi
      mulai dari arak-arakan penganten s/d pemberian siri dare utuk mempelai perempuan kah?
      terimakasih..

    • bang ga bs 1 jt bang hrganya

  4. Untuk Info hubungi No. 021 – 91670020

  5. Bang Maul, kl palang pintu itu sekalian sm yg di pihak cwe jg apa beda lg ???

  6. bang toleng kirimin teks buka palang pintu dong bang…..
    soal ya aye pengan tampilin di sekolahaan bang…..kurang lebih ye aye minta maaf ye bang..

    • Bang. Imam, Saya Bang tAufiq , KAlo mao text pantun buke palang pintu. buke aje blog SIRIH DARE ( BETAWI STYLE AND CONSULTANT DI 0818837872

  7. CONDET IS THE BEST….
    ~* LANJUTKAN *~

  8. KLO BKA PALANG PINTU NTU…
    PAKE PANTUN DULU..
    ANTARA JAWARA DARI PIHAK LAKI SSME PREMPUAN..
    BIS NTU JAWAR DARI KEDUE PIHAK BEKELAHI/BRANTEM SAMPE PIHAK JAWARA LAKI MENANG..
    NA.. KLO UDE PIHAK LAKI MENANG BARU BOLEH MASUK…
    GTU CARANYE…

    • klo blh sy minta teks palang pintunya

  9. kenapa harus ada palang pintu, artinya apa? dan arti lambang roti buaya? sy sangat suka adat nya akan tetapi sy ingin lebih jauh lg mengenal budaya betawi yg sesungguhnya!

    • BANG,JACKA, BUKE PALANG PINTU SEBUAH ISTILAH SAJA, BUKAN BERARTI PENGANTIN HARUS MEMBUKA PINTU YANG DIPALANGIN.PAKE BALOK. INTINYE. cALON NANTEN KUDU PUNYE PERSIAPAN. 1. PERSIAPAN MELINDUNGI KELUARGA DARI GANGGUAN ORANG LAIN. YANG DISIMBOLKAN DENGAN PESILAT , SEDANGKAN PERSIAPAN KEDUA ADALAH KETAKWAAN DISIMBOLKAN DENGAN LAGU SIKE.. KALO KURANG JELAS DATANG LANGSUNG KE SANGGAR BETAWI SIRIH DARE, JL. MAMPANG PRAPATAN XI/22 TEGALPARANG JAKARTA SELATAN . 0217987134./ 0818837872

  10. w.w.w.bintang saroja.com

  11. Buat sudare saye nyang peduli ame budaye betawi, ente bise dateng langsung ke SANGGAR SIRIH DARE
    ATO TELPON KE O818837872, 021-7987134. NIH ALAMATNYE : JL.MAMPANG PRAPATAN XI/19 GG.CITRA RT.06/04 ( TANYE AJE TENTANG BETAWI INSYA ALLAH DIJAWAB ) YE KALO KAGA BISE DIJAWAB PR AJE. HE..HE…

  12. palang pintu adalah adat betawi, untuk membuka gerbang. untuk menyambut tamu atau pengantin, kalau ada yang mau pakai acara palang pintu / buka gerbang dapat menghubungi sdr RAHMAT. 083897872512.

  13. BAGI ANDA YANG MENGINGINKAN PERKAWINAN ATAU PERNIKAHAN DENGAN MENGGUNAKAN ADAT BETAWIE SEPERTI ACARA PALANG PINTU….
    KAMI SIAP MEMBANTU…KIRIM KE E-MAIL KAMI DI skb_sekilap@yahoo.com ATAU HUBUNGI KAMI DI :
    085715195230 atau 021-94275933 ( MAJID )
    081514176512 ( BABEH ARI )

  14. 1.5JT BISA NEGO GA? SO BAJED MEFET BANG

    • seni budaya betawi bukan untuk di perjualkan tp untuk di lestarikan, ente pny budget brp? ikhlas, ane bantu

  15. saye mengembangkan budaye betawi dari tahun 1998.. itu juga baru pager rumah saye doang saye jadiin pager betawi.Alhamdulillah sekarang saye dah punya ondel ondel 2 pasang, rebana ketimpring, marawis, dan alhamdulillah sanggar saye di percaya ame team nurul mustofa untuk bagian buke palang pintunye, Sanggar saye jg kgk bakalan bisa berkembang kalo kgk di dukung ame sanggar sirih dare bang opik, manggar kelape bang H.edi bang uwo, serambe kemang cing mani dan cing ali,,, makasih ye bang….. ZULFIKAR SANGGAR SENI BUDAYA BETAWI ASQIA jl. attahiriyah II pejaten pasar minggu jaksel 02198928130,8010860

  16. Bang temen aye orang palembang suka bgt ma budaya betawi, dia mo make palang pintu buat acara nikahnya, 4 silat nye aj…pantunnya dah di siapin tuan rumah….badget nya 700.ooo bs ga yaa???

  17. Bang Syarif, bise aje sih, dana segittu, kontek aje bang taufiq di 0818837872 atau di 0217987134. segera….. ditunggu.

  18. Kalo ade nyang mao nyari arak-arakan penganten betawi hubungin aye aje 02193280183

  19. bang bisa nego ga ???? buget nya cekak ,, T_T pliss ya bang

  20. kalo anda ingin tahu banyak tentang buke palang pintu, hubungi sanggar betawi sirih dare di 021 7987134 atau di 0818837872, dengan bang taufiq abdullah

  21. BUAT SUDARE SAYE YANG MAO BELAJAR REBANE KETIMPRING, PANTUN, SILAT, BIR PELETOK, MARAWIS, DATENG AJE KE SANGGAR SIRIH DARE. JL.MAMPANG PRAPATAN XI/22 GG.CITRA RT.06/04 TEGALPARANG TELP. DULU DI 0818837872 – 0127987134

  22. abang – bang…mau tanya.klo nikahan pake adat betawi itu apa aja sih pengisi acaranya?.apa cuma dg palang pintu aje cukup, apa harus lengkap?.mohon infonya aye ye bang.makasih bang sblumnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: